Just another WordPress.com site

Analisis SWOT

Pengkajian aspek pasar penting dilakukan karena kita dapat melihat proyek bisnis yang berhasil tanpa adanya permitaan atas barang atau jasa yang dihasilkan peroyek tersebut. Pada dasarnya analisis aspek pasar bertujuan untuk mengetahui berapa besar luas pasar, pertumbuhan permintaan dan market share dari produk yang bersangkutan. Agar dapat mempromosikan Penjualan Pulsa Elektik ini dan manfaatnya lebih lanjut serta untuk lebih memudahkan bagi orang-orang untuk memperoleh keuntungan, kemudahan serta kecepatan dalam pembelian Pulsa Elektrik . Dalam hal ini dikareanakan kegunaan pulsa yang sudah bergeser dari kebutuhan tambahan menjadi kebutuhan Pokok pada jaman sekarang ini  yang keberadaanya cukup penting bagi konsumen. Produk yang dijual memiliki kisaran harga yang relatif murah sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat baik kalangan bawah maupun kalangan menengah keatas.

Analisis SWOT

Kekuatan (Strength)

  • Untuk awal bidang usaha ini tidak membuhtuhkan modal yang besar . Hal ini dikarenakan tidak mengunakan atau tidak membutuhkan   peralatan dan mesin yang terlalu mahal.
  • Pengelolahan data transaksi dilakukan komputer secara otomatis sehingga mendapat kecepatan transaksi yang cepat. operator hanya bertugas sebagai pengawas.
  • Bahan baku  diperoleh langsung dari Operator Provider masing-masing. Sehingga lebih murah.
  • Dengan harga yang terjangkau dapat dijangkau oleh masyarakat luas.
  • Stok Pulsa Bertahan lama tanpa adanya kadarluwasa.

Kelemahan  (Weakness)

  • Membuka usaha dibiidang yang baru tidak lah mudah, memerlukan strategi yang baik dalam memperkenalkan produk yang akan dipasarkan.
  • Dikarenaka awal dan mengunakan modal yang relatif tidak besar sehingga pengelolaan manajemennya masih bersiat tradisonal dan sederhana.
  • Sarana dan prasarana yang digunakan masih relatif sederahana.
  • Kualitas Sumber daya manusia relatif rendah, sehingga sulit untuk mengembangakan kreatifitas induvidu.
  • Jangkauan Regiona Pulsa Masih terbatas. Dikarenakan modal.

Kesempatan (Opportunity)

  • Beberapa pesaing tidak 24 jam melayani.
  • Beberapa pesaing tidak memberikan  bonus / reward pada agen/pembelinya.
  • Memberikan transaksi  selain pulsa seperti pembayaran tagihan telpon. Listtrik, PAM, Speedy DLL.
  • Harga yang diberikan relatif murah dibandingkan pesaing.
  • Mengembangkan Penjualan Pulsa Seluruh indonesia. Dengan bantuan sever lain.

Ancaman (Threaths)

  • Munculnya pesaing-lpesaing baru. Oleh karena itu kami merancang program-program yang dapat membangun loyalitas pelangan kepada kami dan kami beraharap meningkatkan kualitas pelayanan.
  • Menurunya daya beli masyarakat akibat krisis  Global, menyadari ancaman terssebut kami terus memantau harga untuk tetap memberikan sesuatu yang menarik untuk pelangan agar daya beli meningkat.
  • Konsumen yang tidak dapat menerima produk kami dari segi harga mapun tempat yang mungkin jauh dari jangkauan, untuk itu kkita perl mengembangkan usaha dengan  penjualan lain seperti pembayaran tagihan lainya serta melebarkan penjualan untuk se Indonesia .

Segmentasi, Target dan Posisi Produk

  • Segmentasi

Yang menjadi segmentasi dari usaha ini  adalah segen menengah dan menengah kebawah

  • Target

Yang menjadi Target marketi dari usaha ini  adalah anak sekolah, mahasiswa, perkerja, ibu rumah tangga, para esekutif-essekutif             atas Semua orang yang memiliki handpone .

  • Posisi

Kami akan menciptakan  image untuk pencitraan perusahaan dibenak konsumen/pelangan sebagai penyedia Pulsa Elektrik terlengkap, tercepat, dalam menjual Pulsa elektrik dengan kualitas yang baik, menguntungkan serta harga yang pas untuk masyarakart banyak.

Tinggalkan komentar